Icon
perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk
properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan.
Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang
lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya
tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang
cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi
teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
Icon Perintah pada Group Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada
group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table
of Contens, Add Text, dan Update
Table. Menu
Table of Contens
digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan
daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang
dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari
file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu
memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan.
Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul
sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan
leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add Text digunakan
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar
isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya
dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi
yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak
sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca
sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki
sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru
menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah kustomisasi tampaknya
perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah
fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan
pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa
memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level
2), dll.
Sedangkan perintah Update Table
digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen,
misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis
mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi
antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yang
terdapat di group Footnotes
ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini memiliki flyout di bagian
kanan-bawahnya yang berisi properti lebih detail seputar referensi dokumen.
Group ini terdiri dari 4 icon perintah:
(1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
v Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan
kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah
kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman
yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila
dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda
menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang
dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon
ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan
Anda menulis catatan kaki. Berbeda
dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem
akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan
catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
v Sedangkan Next Footnote
berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik,
akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note
yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
v Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan
lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah
ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang
aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show
Notes tersebut.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography
digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat
membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering
membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur
dalam kutipan daftar pustaka dari buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung.
“ini ngambil dari buku mana, waduh saya lupa.” (he he he).
Di kasus lain, seorang penulis masih
perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik lagi tidak memihak, buku yang
tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak keduanya (hehehe.. nasib,
nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak perlu lagi selingkuh
dengan buku catatan tradisional, group Citation & Bibliography membantu
Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage
Source (3) Style, dan (4)
Bibliography.
v Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan
langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan
pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan
dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
v Sedangkan icon Manage Sources
digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan
di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk
berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut. Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk
bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar
pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini
dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Icon Perintah pada Group Captions
v Group Captions secara umum digunakan untuk
menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam
dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1)
Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
v Insert Caption digunakan untuk membubuhkan
keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita
akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar
tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar
tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar
ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca
justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tidak
demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
v Sedangkan icon Insert Table of Figures
digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai
gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi
seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan
untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog
gambar deskripsi di sebuah buku.
v Icon Update Table digunakan untuk melakukan
pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak
serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal,
kita menambah atau menghaps suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog
gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya.
Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar
tersebut.
Icon
perintah Cross-reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di
halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana
bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon
Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di
halaman lainnya.
Icon Perintah pada
Group Index
v Group Index secara umum berfungsi untuk
pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon
perintah: (1) Mark Entry,
(2) Insert Index, dan (3)
Update Index.
v Mark Entry digunakan untuk menandai masukan
baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi
dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang
lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar
masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan
ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan
antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
v Sedangkan icon Insert index
digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan
kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca
akan memiliki navigasi untuk mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah
buku. Icon Index membantu Anda dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan
Anda. Update Index
digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan
kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya
sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks
tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update
Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini
di dokumen Anda.
Sumber : http://imam-vaillah.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar