Report, seperti halnya form, digunakan untuk merepresentasikan hasil
olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas.
Kita dapat saja mencetak langsung dari tabel database namun hasil
cetakannya tidak seperti laporan yang diinginkan. Cara yang terbaik
adalah dengan membuat model laporan dengan fasilitas Report. Report
dapat dibuat dengan dua cara yaitu manual dan wizards. Seperti halnya
pada form, wizard memberikan kemudahan dalam pembuatan report, karena
semuanya sudah diatur otomatis.
Berikut ini kita akan membuat laporan
penjualan harian. Laporan ini berisi tanggal transaksi, ISBN dan judul
buku yang terjual, harga masing-masing buku dan total nilai penjualan
per hari/tanggal.
1. Untuk membuat report ini kita tidak bias
langsung dari tabel, karena report ini berisi gabungan dari beberapa
tabel yang ada. Sehingga kita harus membuat query sebagai sumber data
untuk laporan. Cara membuat query sama dengan yang kita lakukan
sebelumnya. Perhatikan Gambar 11.54 berikut ini. Pada Gambar tersebut
kita memilih tabel pesanan, item_pesanan dan buku. Kemudian kita memilih
tanggal_pembelian, isbn, judul, dan harga pada bagian Field. Kemudian
kita simpan dengan nama query_rpt_penjualan_harian (atau dengan nama
yang lain).
2.
Pada jendela Database pilih object Report dan double click pada Create
Report by using Wizard. Jendela Report Wizard akan terbuka dan pada
bagian Tabels/Queries pilih query yang telah kita buat pada bagian 1
(lihat Gambar 11.55). Kemudian click tombol >> sehingga semua
field yang ada pada bagian Available Fields berpindah ke Selected Fields
(lihat Gambar 11.56)
3.
Click Next untuk membuka jendela berikutnya (Gambar 11.57). Pada
jendela ini kita menentukan dasar tampilan laporan, apakah berdasarkan
buku atau pesanan. Karena kita akan membuat laporan harian maka tampilan
berdasarkan pesanan yang kita pilih (ingat, field tanggal_pembelian ada
pada tabel pesanan).
4. Click Next untuk melanjutkan dengan jendela
berikutnya (Gambar 11.58). Jendela ini digunakan untuk mengelompokkan
(grouping) data pada field yang sama. Pada contoh kali ini kita tidak
melakukan grouping sehingga kita tidak perlu mengatur apa-apa pada
jendela ini.
Kita dapat langsung click Next untuk melanjutkan pada jendela berikutnya.
5.
Pada Gambar 11.59, kita dapat memilih melakukan pengurutan data atau
tidak. Pada bagian ini kita akan mengurutkan berdasarkan nomor ISBN dan
kemudian berdasarkan judul buku. Pada Combo Box no 1 kita pilih isbn dan
pada Combo Box no 2 kita pilih judul. Selain itu pada bagian ini kita
juga mengatur apakah kita membuat ringkasan laporan atau tidak. Click
pada Summary Options untuk membuka jendela pengaturan ringkasan (Gambar
11.60). Pada field harga kita check pada
kotak di bawah Sum. Maksud
dari bagian ini adalah kita akan menampilkan jumlah pembelian atau
transaksi tiap harinya dan total transaksi. Jika sudah selesai kita
dapat menutup jendela Summary Option dengan meng-click tombol OK.
Kemudian kita click Next untuk melanjutkan dengan jendela berikutnya.
6.
Gambar 11.61 menunjukkan jendela untuk mengatur lay-out dari laporan.
Kita dapat mencoba-coba lay-out mana yang sesuai. Pada contoh ini kita
akan mencoba dengan lay-out Block dan Orientation Landscape. Click Next
jika sudah selesai dan jendela untuk mengatur style dari laporan (Gambar
11.62). Pada bagian ini kita dapat memilih sesuai keinginan kita.
Setelah selesai click Next untuk membuka jendela terakhir dari Report
Wizard. Pada bagian Text Box yang tersedia kita tentukan judul dari
laporan yang telah kita buat. Click tombol Finish untuk mengakhiri
proses pembuatan laporan. Hasil pembuatan laporan akan ditampilkan
seperti pada Gambar 11.61.
7.
Pada Gambar 11.63, kita melihat laporan yang tidak terlalu bagus bila
dicetak. Judul kolom masih menggunakan nama field pada tabel. Selain itu
kata-kata Summary for tanggal pembelian dan seterusnya, agak mengganggu
tampilan laporan. Untuk memperbaiki tampilan laporan, click kanan pada
nama report di jendela object Report kemudian pilih Design View. Jendela
seperti pada Gambar 11.64 akan terbuka.
8.
Perbaikan pertama yang akan kita lakukan adalah pada judul kolom. Kita
akan ganti menjadi seperti pada Gambar 11.65. Untuk mengganti judul
kolom, double-click pada judul kolom yang ingin diganti kemudian ketikan
nama yang baru. Kita juga dapat mengatur lebar kolom dengan cara click
pada bagian paling atas kolom untuk memilih seluruh kolom kemudian
letakkan kursor pada samping kanan kolom dan geser untuk memperlebar
kolom (sama persis dengan mengatur lebar tabel pada Microsoft Word).
9.
Perbaikan yang kedua adalah kita menghilangkan kata-kata Summary for
tanggal pembelian dan seterusnya yang tampak pada Gambar 11.64.
Caranya
dengan click pada bagian tersebut kemudian tekan tombol Del pada
keyboard. Selain itu kita hilangkan kata Sum dan kita ganti kata Grand
Total dengan Total Penjualan. Penambahan garis juga dapat dilakukan
dengan memilih control line pada Toolbar Report, kemudian diletakkan
pada posisi yang diinginkan. Tampilan akhir pada Design View akan tampak
seperti pada Gambar 11.65. Sedangkan hasil Print Preview dari laporan
akan tampak seperti pada Gambar 11.66.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar